Minggu, 03 Maret 2013

JAMAN EDAN

            

            Kata mbah mbah dulu sekarang JAMAN EDAN kalo kagak ikut edan ora keduman "huft " menghela napas panjang, memang sekarang jamannya jama edan tapi kita gak harus dong jadi edan juga? coba kita nalar kalo kita waras sendiri dan yang lain edan kan kesempatan lebih banyak ada pada kita, ya enggak ? 
         Ngomong2 jaman edan smakin gempar aja ya dunia pendidikan kita dengan pencabulan, pemerkosaan, pergaulan bebas, dan apalah. yang membuat kita tak pernah habis pikir siapa yang salah dan apa yang salah. Baru baru ini kita di marakkan diberbagai media bahwa dikabarkan seorang guru yang punya jabatan melakukan pencabulan kepada muridnya, hmmmmm dimana otaknya ya? kemudian dulu waktu menjadi seorang pendidik apakah dia tidak diajarkan ILMU JIWA dan di sumpah profesi?.
               Seorang panutan yang dari tingkat pondasi dasar saja memberi contoh yang tidak pernah benar lalu mau apa sih jadinya generasi kita? yang dalam pepatah sangat terkenal " ing ngarso sung thulodho ing madya mangun karsa", itu baru yang terungkap, belum lagi yang belum terungkap saya yakin masih banyak berkeliaran. seharusnya dengan seperti ini kita sebagia orang awam harus sudah mulai tanggap dengan sekeliling kita, bisa memilih dan mengendalikan apa yang baik untuk diri dan lingkungan kita, tapi apa daya kita hanya orang awam yang hanya bisa bergumam, mengeluh dan menyindir agar semua yang buruk bisa terisingkir, itupun jika mereka peka terhadap sindiran.
                 Dengan helaan napas panjang "hmmmmmmm Huftttt" semoga ada perubahan sehingga anak cucu kelak tidak menjadi orang yang jahiliah karena nenek moyangnya yang salah. 
                
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungan dan saranya