Selasa, 22 Mei 2012

CANDI CETHO


Salam Rimba…………
          Hai jumpa lagi sahabat alam dalam episode jalan jalan, nah kali ni aku akan ajak kalian ke candi yang misterius dan sangat indah dan sejuk, kemana hayo? Penasaran yak namanya “CANDI CETHO” sahabat alam, mau tau yuk ngikut
Candi Cetho secara geografis terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, pada ketinggian 1400m di atas permukaan laut di lereng Gunung lawu, salah satu gunung terbesar di Indonesia. Candi Cetho merupakan sebuah candi bercorak agama Hindu peninggalan masa akhir pemerintahan Majapahit (abad ke-15)

Candi Cetho merupakan candi peninggalan kerajaan hindu yang terletak di lereng Gunung Lawu. Candi ini terletak di ketinggian yang bisa dikatakan sebagai tempat yang tersembunyi. Perjalanan saya ke tempat ini banyak diselimuti oleh kabut tebal di sepanjang jalan sempit menuju lokasi candi. Jalanan yang menanjak seakan mempersulit perjalanan dan membuat saya semakin penasaran dengan candi yang satu ini. Yang menarik, dalam perjalanan menuju Candi Cetho kita akan melewati perkebunan teh dengan pemandangan yang sangat indah, bahkan lebih indah dari yang ada di Puncak bogor yang terkenal entuh, hehe agak nyombong dikit gapape ye.

         
Dalam bahasa Jawa, cetho berarti jelas atau jernih. Berada pada ketinggian 1400 meter di lereng Gunung Lawu, Candi Cetho hanya bisa dicapai melalui jalan aspal sempit, menanjak curam dan berkelok-kelok. Rasa was-was dan takut akan terbayar lunas begitu sampai di kompleks candi. Sejuknya udara pegunungan dan indahnya pemandangan alam akan menjadi teman setia menjelajahi Candi Cetho.

Jangan kwatir sahabat alam disini masih tetep murah travelingnyanya kok, ni ya tiketnya aje Rp, 3000 aje parkir motor Rp 2000 cuman nah kalo mobil ntu Rp. 3000, masih murah kan !!! jadi gak perlu nguras kantong deh. Nah bagi yang mau kuliner juga ada banyak makanan disini loh tenang aja, oya lupa karena disini juga sebagai tempat ibadah jadi kalian tetap harus sopan yak !!!!! 
Ayok buruan dimari, aku tunggu. Salam rimba……. Sampai jumpa lagi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungan dan saranya